Mukadimah 2024



Assalamu'alaikum wr. wb.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah jumpa lagi di dunia per-blog-an yang sudah tua ini. Dulu awal saya main blog sekitar 20 tahun lebih yang lalu. Malah saya sempat menang lomba blog πŸ˜„πŸ˜„. Sekarang saya ingin kembali lagi mengenang masa lalu sambil terus mencoba menuliskan apa yang ingin saya tuliskan. Motivasinya kurang lebih sama dengan dulu, berharap tetap dapat terus belajar dan mengasah diri sampai nanti tidak mampu lagi.

Di tulisan pertama ini, saya ingin bercerita bagaimana saya bisa kembali ke sini. Kita semua tahu bahwa perkembangan internet memunculkan platform-platform yang jauh lebih interaktif daripada sekedar tulisan seperti ini, dan tentu saja di jaman sekarang sudah jarang sekali yang mau membaca blog, website, dan berbagai literatur tulisan.

Salah satu sisi yang menarik dari urusan "berkarya di internet" adalah adanya kemungkinan monetisasi. Maka muncullah para creator baru. Tetapi sama saja dari dahulu, tidak semudah itu mendapatkan uang dari internet sampai layak disebut penghasilan. Dan lucunya, mereka berebut itu 🀣🀣.

Beberapa waktu lalu Facebook memudahkan orang untuk membuat video vertikal berdurasi maksimal 90 detik dan mendapatkan bintang 🌟 yang dapat ditukar menjadi uang. Facebook terus menyemangati para creator pemula ini dengan tugas-tugas yang jika dilaksanakan akan meningkatkan "level", dapat badge, dsb. Cuma banyak di antara mereka yang tidak memahami tentang "berkarya" itu sendiri.

Karena kejar target di tengah kesibukan mereka di pekerjaan utama dan mengurus keluarga, akhirnya lebih banyak karya sembarangan tanpa target "niche" tertentu. Saya pusing lihat ke-random-an yang tiada tara ini. Malah ada di antara mereka yang baru dapat view ribuan sudah posting sana-sini mengajari yang lainnya. Dan tentu saja ilmu yang diajarkannya sudah pasti salah.

Maka dari itu saya hapus Facebook saya yang lama dan membuat yang baru dari 0 (nol) lagi supaya algoritma beranda Facebook ter-reset. Mungkin ada cara lain, tapi sudah terlanjur πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„. Ya sudahlah. Dan karena saya jenuh juga dengan berbagai platform yang sangat hingar-bingar itu (Facebook, Instagram, TikTok), saya kembali menekuni blog saya.

O, iya. Seperti biasa saya akan isi blog ini dengan artikel mengenai komputer, jaringan, dan internet. Kalaupun ada yang lainnya, saya pastikan sedikit saja dan semuanya ada dalam label yang sesuai supaya mudah memilahnya.

Dan kalo kebetulan ada yang melihat artikel ini, silahkan komen di bawah. Saya mohon maaf jika ada kesalahan di tulisan saya di atas.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DI BALIK π•„π•†β„•π”Όπ•‹π•€π•Šπ”Έπ•Šπ•€